Saat ini, pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru Jawa Timur 2023 jenjang SMA/SMK (PPDB Jatim 2023 SMA/SMK) masih dapat dilakukan. Selain itu, pendaftaran PPDB Jatim 2023 jenjang SMA/SMK tahap 1 khusus jalur Afirmasi, Perpindahan Tugas Orangtua/Wali, dan Prestasi Hasil Lomba masih dapat dilakukan hingga 20 Juni 2023 pukul 23.59 WIB. Oleh karena itu, orang tua dan calon peserta didik baru diminta untuk mengetahui tanggal pengumuman PPDB SMA/SMK Jatim 2023.
Cara cetak bukti penerimaan PPDB Jatim 2023 SMA/SMK
Siswa yang dinyatakan lolos PPDB Jatim 2023 harus mencetak bukti penerimaan dan melakukan daftar ulang. Cara melakukannya adalah sebagai berikut.
- Sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, pengumuman tentang jalur PPDB diumumkan melalui aplikasi PPDB online di situs ppdb.jatimprov.go.id. Jalur-jalur ini terdiri dari Jalur Afirmasi, Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua/wali, Jalur Prestasi Hasil Lomba, Jalur Prestasi Nilai Akademik, dan Jalur Zonasi.
- Peserta didik yang telah diterima tidak dapat melanjutkan ke tahap dan jalur berikutnya.
- Setiap siswa yang telah diterima di sekolah pilihannya harus mencetak bukti pendaftaran mereka di situs ppdb.jatimprov.go.id pada jadwal yang telah ditentukan.
- Peserta didik yang telah diterima dan telah mencetak bukti pendaftaran harus melanjutkan proses pendaftaran ulang sesuai jadwal.
Cara daftar ulang PPDB Jatim 2023 SMA/SMK
Siswa yang dinyatakan lolos PPDB Jatim 2023 dari jenjang SMA/SMK harus melakukan daftar ulang. Berikut adalah cara daftar ulang:
- Daftar ulang dilakukan secara offline pada waktu yang telah ditentukan di sekolah tempat diterima atau sekolah tujuan.
- Peserta didik yang telah diterima harus menyerahkan foto copy ijazah atau surat keterangan lulus yang dikeluarkan oleh sekolah pertama dan menunjukkan dokumen aslinya. Mereka juga harus menyerahkan foto copy KK/SKD dan menunjukkan dokumen aslinya, serta dokumen lain yang ditentukan oleh sekolah tempat mereka diterima atau tujuan mereka.
- Peserta didik baru didaftarkan secara offline menggunakan protokol kesehatan.
- Jika terbukti ada pemalsuan data atau dokumen, mereka akan diproses sesuai dengan undang-undang yang berlaku dan kehilangan hak mereka sebagai siswa baru.
Pengumuman tambahan untuk calon siswa yang sudah diterima di SMAN 1 Lamongan:
- Bahwa daftar ulang dilaksanakan hari Jumat dan Sabtu
- Untuk hari Jum’at kita menyesuaikan kondisi (bila keadaan tidak mendukung, mungkin pelayanan kami adakan setelah Sholat Jum’at)
- Pengambilan formulir dan pengisian daftar ulang dilaksanakan di gedung Aula SMAN 1 Lamongan dengan menunjukkan bukti penerimaan siswa
Syarat yang harus dilengkapi:
- Bukti cetak pendaftaran
- Bukti cetak tanda terima
- Fotokopi kartu keluarga
- Fotokopi akte kelahiran
- Fotokopi SKL
- Pas Foto hitam putih 3×4 = 3 lembar
- Blangko data siswa dapodik
- Data pribadi siswa
- Lembar buku induk
- Surat pernyataan siswa bermaterai
- Surat pernyataan skor bermaterai
- Surat pernyataan tata tertib siswa bermaterai
- No 7 s.d 12 disiapkan sekolah