Kegiatan

Kunjungan Bapak Kepala Kodim Lamongan ke SMAN 1 Lamongan untuk Membangun Kesadaran Bela Negara

Tanggal 20 November 2023 di SMAN 1 Lamongan mendapat kunjungan dari Kodim. Kunjungan tersebut bertujuan untuk memberikan materi kepada siswa kelas 10 mengenai wawasan kebangsaan. Saat Kodim telah datang, terdapat atraksi yang dibawakan oleh para anggota paskibraka SMAN 1 Lamongan. Atraksi tersebut sebagai sambutan secara simbolis kepada Kepala Kodim. Selanjutnya Kepala Kodim  dikawal untuk ke lapangan. Anggota paskibraka sudah menyiapkan performa mereka dengan melakukan latian selama dua hari sebelum hari h.

Tidak hanya memberi materi saja, pihak KODIM juga ikut berkontribusi dalam pelaksanaan upacara bendera. Letkol I Ketut Wira Purbawan S.IP, M.Han selaku kepala Kodim Lamongan berperan sebagai pembina upacara hari ini, beliau juga membacakan doa. Upacara terlaksana secara khitmat, walaupun cuaca sedang terik. Setelah upacara selesai, siswa kelas 10 diarahkan ke masjid untuk pemberian materi sedangkan siswa kelas 11 dan 12 kembali ke kelas. Yang bertugas sebagai mcnya yaitu Celsi Dea dari kelas X1-5 dan Mutiara dari kelas XI-9. Acara dimulai dengan yel-yel yang berbunyi “Huma Heya… Huma Huma Heya Ho, Oooo SMASA Jaya, Ganteng-ganteng Siswanya, Cantik-cantik siswinya.”

Tepat di inti acara yaitu pemaparan materi seputar wawasan kebangsaan yang disampaikan oleh PARA LETKOL ARM I KETUT WIRA PURBAWAN S.IP, M.HAN. Dengan mengangkat judul “SENIN BERKIBAR”. Sebelum masuk ke inti materi sebelumnya dipaparkan terlebih dahulu vidio perkenalan/profil serta pemaparan biodata data umum anggota beserta keterangan jabatan, penugasan dan pendidikan.

Oh ya sebelum lanjut kemateri, kalian sudah tau belum apa si bangsa itu? Ya, bangsa adalah kumpulan manusia yang tidak sama asal usul serta serupa sifat-sifatnya. Bangsa Indonesia merupakan kumpulan dari 1.128 suku bangsa yang mendiami 17.504 pulau di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia seluas 1.922.570 km^2. Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang kaya, memiliki berbagai potensi baik dibidang alam hayati, non hayati dan sosial budaya.

Bangsa Indonesia memperoleh kemerdekaan tidak begitu saja, tentunya ada tahapan yang dijalani. Berikut tahapan-tahapannya, tanggal 20 Mei 1908 sepakat berjuanga.n kebangsaan, 28 Okt 1928 sepakat satu bangsa, 1 Jun 1945 ideologi pancasila barulah tanggal 17 Agustus 1945 proklamasi kemerdekaan menjadi negara bangsa. Ternyata kehancuran bangsa&negara bisa diketahui melalui ciri ciri seperti berikut, Konflik elit yang berkepanjangan, Krisis ekonomi yang tidak terselesaikan, Bangkitnya semangat tribalisme yang berkelebihan – pudarnya wawasan kebangsaan & nasionalisme, Tidak berperannya ideologi sebagai pemersatu bangsa, serta Hancurnya soliditas angkatan bersenjata. Juga menjelaskan akibat dari lunturnya pancasila, dampak tersebut banyak terkena di kalangan pelajar. Mengakibatkan pelajar sudah tidak mempunyai moralitas. Ternyata kita masih menghadapi ancaman radikalisme. Sasaran yang dituju yaitu kalangan yang masih berjiwa muda, kaum muda, atau generasi muda seperti kita kita.

Oleh karena itu kita harus melakukan usaha bela negara baik di lingkungan pendidikan seperti paham nilai perjuangan bangsa, sadarakan perannya sebagai tunas bangsa, memiliki watak dan sikap pejuang, memiliki disiplin yang tinggi, yakin pancasila sebagai ideologi, serta memiliki sopan santun. Adapun bentuk usaha bela negara di Indonesia yang meliputi, pengabdian profesi, pendidikan pancasila dan kewarganegaraan, wajib militer, pengabdian sebagai anggota TNI dan pengabdian masyarakat. Ternyata tanggal 19 Desember diperingati sebagai hari bela negara lhoo. Hal tersebut untuk mengenang peristiwa sejarah Agresi Milier Belanda ke-2 pada tanggal 1948.

Pemaparan terakhir adala video refleksi bagaimana kita harus mensyukuri hidup kita karena banyak hal yang lebih memprihatinkan bahkan di sekitar kita. Acara ditutup dengan yel-yel lagi, namun kali ini yang memimpin adalah siswa yang mau dan berani maju, yakni Akhmad Aulia Rahman dari X-10 selamat juga ya atass salamannya hehehehe. Acara berlangsung sangat seru! Banyak siswa yang excited mendengarkan, karena pembawaan dari bapak kepala kodim juga santai, walapun ada beberapa yang ngantukk sii. Tapi tetap saja kegiatan ini tidak akan terulang kembali dan yaaa tentunya sejenak kita larii dari pelajaran. Jarang-jarang juga ya kan. Okeyy cukup sekian, sampai bertemu lagii yaa-!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *