Berita

UPACARA BENDERA DALAM RANGKA MEMPERINGATI HARI BELA NEGARA 2023

Upacar Memperingati Hari Bela Negara di SMA Negeri 1 Lamongan

 

Hari Bela Negara diperingati setiap tahunya pada tanggal 19 desember,kita berkumpul untuk menghormati dan mengapresiasi semangat bela negara sebagai pondasi penting dalam membangun dan menjaga negara kita. Pemimpin upacra dengan tegas dan penuh semangat menyampaikan amanat yang mengingatkan kita tentang nilai-nilai bela negara yang harus kita anut dan jalankan. Amanat ini menjadi pedoman bagi kita semua dalam melaksanakan tugas dan kewajiban sebagi warga negara yang bertanggung jawab. Dalam memperingati Hari Bela Negara SMA Negeri 1 Lamongan mengadakan upacara bendera bersama yang dimana upacara itu dipimpin oleh kepala sekolah kita yaitu Bapak Dr. Sofyan Hadi amanat yang disampaikan oleh Bapak Dr. Sofyan Hadi menggugah semangat bela negara dalam diri setiap warga negara. Amanat ini menunjukkan bahwa bela negara bukanlah semata-mata tanggung jawab aparat keamanan,tetapi merupakan kewajiban bersama bagi seluruh rakyat Indonesia. Pentingnya mengormati kedaulatan negara,memelihara keutuhan  nasional,dan menjaga keamanan menjadi poin penting yang disampaikan.

Dalam amanatnya,pemimpin upacara menekankan beberapa poin penting tentang bela negara. Pertama,ia menggarisbawahi pentingnya kesadaran bahwa bela negara bukanlah semata-mata tanggung jawab aparat keamanan dan militer, tetapi adalah tanggung jawab bersama seluruh warga negara. Setiap individu tanpa kecuali memiliki peran dan kontribusi yang harus diberi dalan membangun dan menjaga negara.

Kedua,pemimpin upacara menyoroti pentingnya penghargaan terhadap kedaulatan negara. Ia mengajak kita untuk menghormati dan melindungi kedaulatan negara sebagai pondasi utaman keberlangsungan hidup kita sebagai bangsa. Kedaulatan negara meliputi wilayah, sumber daya alam, dan keputusan politik yang diambil bersama demi kepentingan bersama.

Selanjutnya,pemimpin upacara menekankan pentingnya memelihara keutuhan nasional. Keutuhan negara menjadi hal yang sangat berarti dalam membangun persatuan dan kesatuan ditengah keragaman yang ada. Ia mengingatkan kita untuk menjauhi segala bentuk tindakan yang dapat mengancam keutuhan bangsa dan merusak harmoni sosial.

Berikut dokumentasinya:

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *