Berita

ALHAMDULILLAH, PERPUSTAKAAN SMAN 1 LAMONGAN MENDAPAT PREDIKAT A

Pengakuan formal yang diberikan oleh badan akreditasi terhadap kemampuan suatu lembaga atau organisasi untuk melakukan kegiatan penilaian kesesuaian tertentu dikenal sebagai akreditasi. Akreditasi secara umum dimaksudkan untuk memberikan penilaian yang objektif, transparan, dan berkelanjutan terhadap pelayanan program dan satuan pendidikan berdasarkan standar yang telah ditetapkan. Tujuan utama akreditasi ini pasti akan meningkatkan kinerja setiap indikator di institusi yang akan atau telah terakreditasi. 

Menurut Bab I Pasal 1 (1) Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan, perpustakaan adalah institusi yang secara profesional mengelola karya tulis, karya cetak, dan/atau karya rekam untuk memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi pemustaka. Pasal 18 UU No.43 Tahun 2007 menyatakan bahwa “Setiap perpustakaan dikelola sesuai dengan standar nasional perpustakaan”, dan pasal 24 ayat 1 menyatakan bahwa “setiap perguruan tinggi menyelenggarakan perpustakaan yang memenuhi standar nasional perpustakaan dengan memperhatikan Standar Nasional Pendidikan.” Ini adalah dasar akreditasi perpustakaan perguruan tinggi.

Karena itu, seperti yang disebutkan di atas, akreditasi perpustakaan dimaksudkan untuk meningkatkan kepercayaan pengguna terhadap kinerja perpustakaan dan menjamin bahwa kualitas kegiatan perpustakaan tetap konsisten. Selain itu, manfaat akreditasi perpustakaan adalah meningkatkan keinginan semua pihak yang terlibat dalam pengelolaan perpustakaan untuk meningkatkan kinerja mereka.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *