Ilmu Komputer Ilmu Pengetahuan

Apakah Website Itu? Pengertian, Fungsi, Sejarah, Komponen, dan Jenisnya

“Website” adalah sekumpulan halaman web yang terhubung satu sama lain dan dapat diakses melalui internet. Website telah menjadi bagian penting dari kehidupan manusia di era digital saat ini.

Website memberikan cara yang mudah dan cepat bagi pengunjung untuk mencari informasi, membeli barang, atau mendapatkan pengalaman baru. Di sisi lain, bagi pelaku bisnis, website dapat membantu meningkatkan branding perusahaan serta memudahkan penjualan barang secara online.

Dalam artikel ini, kami akan membahas apa itu website, sejarahnya, fungsinya, komponen yang membentuknya, dan berbagai jenisnya. Kalian tertarik? Mari kita simak penjelasannya!

 

1. Pengertian Website

Website adalah sebuah halaman web, atau sekumpulan halaman web, yang saling terhubung dan dapat diakses dari mana saja di jaringan internet.

Setiap halaman web memiliki URL (Uniform Resource Locator). Website dapat menyimpan berbagai jenis informasi, seperti teks, gambar, video, dan audio, serta fitur interaktif, seperti form kontak, komentar, atau chatting.

Website terdiri dari dua komponen utama: sisi klien dan sisi server.

Website klien adalah bagian dari situs yang dapat diakses oleh pengguna melalui browser seperti Chrome atau Internet Explorer. Bagian ini terdiri dari HTML, CSS, dan JavaScript yang digunakan untuk membuat dan menampilkan halaman web.

Sebaliknya, bagian server-side dari website adalah bagian yang tidak dapat dilihat pengguna dan terdiri dari file dan data yang diolah oleh web server. Bagian server-side ini terdiri dari bahasa pemrograman seperti PHP, Python, atau Ruby on Rails.

Ini adalah penjelasan tentang apa itu website. Berikutnya, kita akan mempelajari sejarah awal situs web!

 

2. Sejarah Website

Ahli komputer asal Inggris Sir Timothy John “Tim” Berners-Lee meluncurkan website pertama di dunia pada tahun 1991. Awalnya, Tim merancang website untuk membantu sesama peneliti di tempat kerjanya berbagi informasi.

Berikut ini adalah tampilan situs web pertama di dunia. Terlihat masih sederhana, bukan?

Sumber: https://www.niagahoster.co.id/blog/pengertian-website/

Itu karena website tersebut hanya dibangun menggunakan bahasa markup HyperText Markup Language (HTML), yang hanya dapat menampilkan teks dan gambar statis.

Baru setelahnya, pada tahun 1996, muncul fitur baru yang disebut Cascading Style Sheets (CSS). CSS adalah teknologi yang dibuat untuk membuat tampilan website lebih menarik.

Pada tahun yang sama, bahasa pemrograman JavaScript dirilis untuk umum sebagai bahasa yang memungkinkan website menjadi lebih interaktif dan dinamis. Teknologi Flash kemudian dirilis pada dekade 2000-an untuk membuat animasi dan video interaktif di halaman web.

Munculnya desain responsif adalah inovasi lain dalam pembuatan website. Desain responsif adalah halaman web yang dapat disesuaikan dengan ukuran layar pengguna, yang merupakan inovasi penting mengingat tren penggunaan smartphone dan tablet untuk mengakses internet.

 

3. Fungsi Website

Website umumnya berfungsi sebagai sumber berita terbaru untuk dibaca oleh pengguna internet, atau netizen. Namun, mereka juga memiliki tujuan lain yang penting, seperti:

A. Membangun merek bisnis

Pertama, fungsi website adalah untuk membangun branding. Untuk mereka yang tidak tahu, branding adalah promosi atau pemasaran sebuah merek bisnis.

Pemilik bisnis dapat lebih mudah menampilkan profil, visi, dan produk atau jasa mereka melalui situs web mereka, yang sangat populer di era internet saat ini.

B. Memberikan Informasi Tentang Barang dan Jasa

Berikutnya, fungsi website adalah sebagai sarana untuk menyediakan informasi lengkap tentang bisnis, barang, atau jasa. Informasi ini dapat membantu calon pelanggan mengenal barang atau jasa yang dijual.

Selain itu, informasi yang jelas tercantum pada halaman web Anda pasti akan meningkatkan kepercayaan calon pelanggan terhadap bisnis atau merk Anda.

C. Menjual barang atau jasa melalui platform online

Website juga berfungsi sebagai platform untuk menjual barang atau jasa secara online. Di era digital saat ini, banyak konsumen lebih suka membeli barang secara online karena lebih mudah, cepat, dan praktis.

Sebagai pemilik bisnis, Anda dapat memberi pelanggan Anda kemampuan untuk membeli produk kapan saja dan di mana saja dengan membuat toko online.

D. Meningkatkan Engagement Pelanggan

Meningkatkan keterlibatan pelanggan atau keterlibatan pelanggan adalah tujuan tambahan dari website; keterlibatan ini adalah interaksi audiens dengan bisnis Anda melalui platform online, seperti website atau media sosial. Pengunjung dapat berinteraksi dengan pengelola bisnis dan pengguna lainnya melalui teknologi interaktif seperti live chat, forum, dan blog. Ini akan meningkatkan interaksi dan membangun hubungan lebih dekat antara pelanggan dan perusahaan.

E. Meningkatkan Keyakinan Konsumen

Terakhir, website dapat membantu meningkatkan kepercayaan pelanggan karena memberikan informasi yang lengkap, mudah diakses, dan dapat dipercaya. Ini akan meningkatkan reputasi perusahaan dan memperkuat hubungan dengan pelanggan. Dalam jangka panjang, ini akan menguntungkan perusahaan dengan meningkatkan loyalitas pelanggan dan meningkatkan penjualan. Anda sudah memahami pengertian website, sejarah perkembangan, dan fungsinya. Berikutnya, kami akan berbicara tentang komponen penting dari sebuah website.

 

4. Unsur-unsur Website

Berikut ini adalah lima komponen penting yang harus ada dalam sebuah website:

A. Domain

Domain, yang biasanya terdiri dari nama domain dan ekstensi seperti.COM,.ORG, atau.NET, digunakan untuk menandai situs web di internet.

Penggunaan domain yang unik, mudah diingat, dan relevan dengan bisnis akan membuat website Anda lebih mudah diakses oleh pengguna.

 

B. Hosting

Hosting adalah server di mana website Anda disimpan, sehingga pengunjung dapat mengaksesnya melalui internet. Hosting yang baik dan andal akan memastikan bahwa website Anda selalu berjalan cepat dan stabil ketika pengunjung mengaksesnya. Anda dapat memilih jenis hosting yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda, mulai dari cloud hosting hingga VPS hosting.

 

C. Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman adalah bahasa khusus yang digunakan untuk membuat jenis software tertentu, salah satunya adalah website. Bahasa pemrograman umum untuk pengembangan situs web termasuk HTML, CSS, JavaScript, dan PHP. Situs web yang dibangun menggunakan bahasa pemrograman yang tepat dapat membuatnya lebih menarik dan berguna. Teknologi berkembang hingga lahirnya CMS (Content Management System). CMS adalah program software yang membuat dan mengelola website lebih mudah. CMS memungkinkan orang yang tidak mahir pemrograman untuk membuat website. WordPress, Joomla, dan Drupal adalah CMS.

 

D. Konten

Konten adalah bagian penting dari sebuah situs web selanjutnya; pengunjung situs web harus memiliki konten yang baik dan berkualitas. Setiap halaman web harus memiliki konten yang menarik, informatif, dan mudah dipahami. Konten dapat berupa teks, gambar, audio, atau kombinasi dari semua ini.

 

E. Desain Web

Desain situs web adalah bagian yang mencakup tata letak, jenis font, dan elemen visual lainnya yang menggambarkan kontennya. Situs web yang dirancang dengan baik membuat pengunjung merasa nyaman dan mudah mengakses informasi. Desain web harus responsif, sehingga tampilannya dapat disesuaikan dengan perangkat yang digunakan pengguna.

 

5. Jenis-jenis Website

Website dibagi menjadi dua kategori: website statis dan dinamis. Website statis adalah situs web yang informasinya tetap sama kecuali konten yang disajikan berubah. Website dinamis adalah situs web yang tampilannya berubah secara otomatis sesuai dengan input pengguna. Namun, berdasarkan tujuannya, ada beberapa jenis situs web, seperti:

A. Website Pribadi atau Blog

Blog pribadi adalah blog yang dibuat oleh individu untuk berbagi pemikiran dan pengalaman mereka serta untuk mengekspresikan diri mereka. Dalam kebanyakan kasus, konten yang ditemukan di situs web pribadi bersifat subjektif dan berkaitan dengan kehidupan pribadi individu yang memilikinya. Sebagai contoh, blog The Naked Traveler, yang berbicara tentang perjalanan dan hal-hal yang berkaitan dengan liburan.

B. Website E-commerce

Website e-commerce adalah toko online di mana pelanggan dapat membeli barang atau jasa melalui internet. Website e-commerce biasanya memiliki fitur seperti keranjang belanja, pembayaran online, dan pengiriman barang.

The Executive adalah toko online yang menjual berbagai pakaian untuk pria dan wanita.

C. Website Company Profil

Pengertian website company profile adalah jenis website yang dibuat untuk memperkenalkan suatu perusahaan atau bisnis. Situs web ini berisi informasi tentang sejarah perusahaan, produk dan jasa, serta visi misi perusahaan

D. Website Organisasi atau Pemerintah

Website untuk pemerintahan atau organisasi juga merupakan jenis website yang dibuat dan dikelola oleh organisasi atau lembaga pemerintahan, seperti namanya. Website pemerintahan berfungsi untuk memberikan masyarakat informasi tentang lembaga tersebut. Website seperti ini juga dapat memungkinkan orang mengajukan permohonan atau mendapatkan layanan.

E. Website Berita

Website berita adalah situs web yang menyajikan informasi terbaru dan aktual tentang berbagai topik seperti politik, sosial, ekonomi, dan olahraga.

Website berita biasanya dikelola oleh media massa dan berisi berbagai macam konten, seperti artikel, foto, dan video. The New York Times adalah salah satu contohnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *