SEJARAH SMAN 1 LAMONGAN

SMA Negeri 1 Lamongan berdiri pada tahun 1980 dengan Kepala Sekolah Pertama Bapak Sajar Muntaha, BA dari Madura dengan 13 guru dan 3 TU Honorer, pada saat itu belum memiliki gedung sendiri, melainkan meminjam gedung SDN Kali Bumbung Lamongan, kegiatan belajar mengajar berlangsung sore hari. selanjutnya pada tahun 1982 menempati gedung SMP Negeri 1 Lamongan, kegiatan belajar mengajar juga dilakukan sore hari.

SMA Negeri 1 Lamongan sudah memiliki gedung dengan rincian 9 Kelas dan 1 Kantor yang berlokasi di JL. Veteran 41 Lamongan pada tahun 1983 dan ditahun berikutnya menambah 6 kelas baru.

Pada masa kepala sekolah dijabat oleh Bapak Drs. H. A. Yazid, M.Ag SMA Negeri 1 Lamongan merupakan salah satu Sekolah Standar Nasional disingkat SSN adalah sekolah yang memenuhi Standar Nasional Pendidikan (SNP) yaitu standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses, standar sarana dan prasarana, standar tenaga pendidik dan kependidikan, standar manajemen, standar pembiayaan, dan standar penilaian.

Selanjutnya pada masa kepemimpinan H. Wantono Gono Putro, M.Pd capaian yang diperoleh adalah:

  1. R-SMA-BI, SMA Negeri 1 Lamongan ditetapkan sebagai sekolah Program Rintisan SMA Bertaraf Internasional (R-SMA-BI)
  2. PAS Cluster yaitu sekolah yang ditunjuk oleh Direktorat Pembinaan SMA untuk mendampingi semua SMA Negeri dan Swasta di Kabupaten Lamongan untuk menjalankan Paket Aplikasi Sekolah (PAS) untuk membantu manajemen sekolah berbasis TIK (ICT based management) di sekolah masing-masing.
  3. Penghargaan Adiwiyata Mandiri (penghargaan yang diberikan oleh Presiden) merupakan penghargaan khusus bagi setiap sekolah dengan penilaian berupa sekolah yang mempunyai minimal 10 sekolah binaan yang telah mendapatkan penghargaan Adiwiyata Kabupaten/Kota.
  4. Mendapatkan Sertifikasi ISO 9001:2008 dari lembaga Sertifikasi UKAS

Semua capaian tersebut dilanjutkan oleh Bapak Kandam, S.Pd. M.Pd yang selanjutnya beliaunya menjabat Kasi Kurikulum di Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan

Masa Kepemimpinan Kepala Sekolah oleh Bapak H. Kiswanto, S.Pd. M.Pd selain melanjutkan capaian ataupun program sebelumnya juga mendapatkan prestasi sekolah diantaranya:

  1. Sekolah Model adalah sekolah yang ditetapkan dan dibina oleh Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) untuk menjadi sekolah acuan bagi sekolah lain di sekitarnya dalam penerapan penjaminan mutu pendidikan secara mandiri.
  2. Sekolah Rujukan adalah SMA yang telah memenuhi atau melampaui SNP, mengembangkan ekosistem sekolah yang kondusif sebagai tempat belajar, mengembangkan praktik terbaik dalam peningkatan mutu berkelanjutan, melakukan inovasi dan berprestasi baik akademik maupun nonakademik, serta melaksanakan program kebijakan pendidikan yang layak menjadi rujukan SMA lain.
  3. Sekolah SKS yaitu sekolah yang menerapkan Sistem Kredit Semester sehingga memungkinkan siswanya bisa lulus dalam waktu 4 semester. Sesuai dengan kemampuan siswa tersebut menyelesaikan UKBM nya.

Tour of duty dalam jajaran suatu lembaga adalah hal biasa, tugas rutin , tugas abdi yang loyal pada pimpinan, apabila mempunyai prestasi bisa diangkat untuk dijadikan pejabat yang lebih tinggi dan lebih bergengsi. Pun demikian juga bisa bila prestasi jelek ditambah moralitas yang jelek dan melawan aturan hukum, bisa layak untuk di mutasi level dibawahnya.

SMA Negeri 1 Lamongan yang dipimpin H. Kiswanto. MPd selama kurang lebih 5 tahunan menorehkan prestasi yang luar biasa, baik di tingkat regional, nasional bahkan sampai negeri Swis untuk  salah satu siswanya menyabet medali perak dibidang e-camp.

Lelaki jangkung kelahiran tahun 1969 ini memoles Sekolah Negeri ini dengan tangan dinginnya melanjutkan program yang telah dicanangkan saat sekolah ini masih menyandang predikat sekolah RSBI.

Prestasi yang ditorehkan dalam bidang Kir, e-camp, basket ball, futsal, volli bal dan Paskibra Pasopati Baris berbaris yang mirip gaya gaya militerian.  Juga KSI, jurnalistik, englis studi, dan masih banyak lagi semisal catur dan silat.

SMAN 1 Lamongan mencuat bagai meteor yang tak terkejar, dengan motto Rapakat, mengekor motto Pemda Lamongan yang Megilan. Selama dipimpin Kiswanto, tiada minggu tanpa piala, artinya setiap minggu anak-anak civitas academika selalu pulang merengkuh piala dan menjadikan semangat untuk yang lain.

Pembangunan gedung luar biasa pesatnya dari 12 kelas yang dulu beratap asbes diganti dengan atap genting , tinggi layak untuk peningkatan prestasi. Ada kelebihan yang dimiliki Kepala sekolah, sekaligus memiliki kekurangan namun karena adanya kebersamaan jadilah kekuatan yang super. Selamat jalan menuju tempat baru kota pisang, H.Kiswanto menempati pos baru sebagai Kepala kantor Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur Di Kabupaten Probolinggo.

Senin 4 mei 2020 jabatan Kepala Sekolah SMAN 1 Lamongan dari Kiswanto.MPd diserahkan kepada Muki. MPd selaku plt yang memegang kendali SMAN 2 Lamongan, di aula kantor Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur di Lamongan.

Selanjutnya pada Hari Rabu tanggal 3 Juni 2020 pada masa pandemi Covid-19 Kepemimpinan SMA Negeri 1 Lamongan di serah terimakan oleh Drs. H. Muki, M.Pd kepada Drs. H. Sofyan Hadi, M.Pd.

Berikut periode kepemimpinan di SMA Negeri 1 Lamongan:

NoNama Kepala SekolahPeriode
1Sajar Muntaha, BA(1980 – 1988)
2Drs. Moch. Akasa(1988 – 1991)
3Tumiran Wiratno, BA(1991 – 1995)
4Drs. Suhud(1995 – 1998)
5Drs. H. Madelan(1998 – 2003)
6Hatiyani, S.Pd(2003 – 2006)
7Drs. H. A. Yazid, M.Ag(2006 – 2008)
8H. Wantono Gono Putro, M.Pd(2008 – 2013)
9Kandam, S.Pd. M.Pd(2013 – 2015)
10H. Kiswanto, S.Pd. M.Pd(2015 – 2020)
11Drs. H. Muki, M.Pd(2020 – 2020)
12Drs. Sofyan Hadi, M.Pd.(2020 – sekarang)

Disetiap kepemimpinan SMA Negeri 1 Lamongan tentunya mendapatkan capaian prestasi namun demikian capaian ataupun prestasi-prestasi tersebut belum bisa penulis sajikan secara lengkap karena masih dalam proses penyusunan dan akan terus diperbaiki.

Tinggalkan Balasan